MATERI PENGANTAR BISNIS – etika dan tanggung jawab

Etika dan Tanggung Jawab Sosial

PENGERTIAN ETIKA BISNIS
Menurut Post, Lawrence, Weber, (2002:102) Etika (ethics) merupakan suatu konsepsi mengenai tindakan yang benar dan yang salah. Etika memberikan panduan apakah  suatu perilaku tertentu dapat digolongkan sebagai perilaku yang bermoral atau tidak bermoral.
Etika sendiri bersumber dari moralitas yang merupakan sistem nilai tentang bagaimana kita harus hidup secara baik sebagai manusia. (Keraf, 1991:20)
Etika bisnis merupakan penerapan etika secara umum terhadap perilaku bisnis. Secara lebih khusus lagi makna etika bisnis menunjukkan  perilaku etis maupun tidak etis yang dilakukan manajer (perusahaan) dan karyawan. Etika bisnis bukan merupakan suatu etika yang berbeda dengan etika pada umumnya dan bukan pula merupakan suatu etika yang berlaku di dunia bisnis.
MENGAPA BISNIS HARUS ETIS ???????
1.Meningkatnya harapan publik agar perusahaan menjalankan bisnisnya secara etis.
2. Agar perusahaan dan karyawan tidak melakukan berbagai tindakan yang membahayakan stakeholders lainnya.
3. Penerapan etika bisnis dapat meningkatkan kinerja perusahaan
4. Dapat meningkatkan kualitas hubungan diantara pihak-pihak yang melakukan hubungan bisnis
5. Perusahaan terhindar dari penyalahgunaan yang dilakukan karyawan maupun kompetitor yang bertindak tidak etis
6. Menghindarkan terjadinya pelanggaran hak-hak pekerja oleh pemberi kerja
7. Mencegah agar perusahaan tidak memperoleh sanksi hukum karena telah menjalankan kegiatan bisnis yang tidak etis
ETIKA BISNIS PADA BERBAGAI FUNGSI PERUSAHAAN
Beberapa permasalahan etika yang terjadi di beberapa bidang fungsional perusahaan antara lain:
1.Etika di bidang Akuntansi ( accounting ethics )
2.Etika di bidang Keuangan ( financial ethics )
3.Etika di bidang produksi dan pemasaran ( production and marketing ethics )
4.  Etika di bidang teknologi informasi (information technology ethics)
Dalam berbisnis, etika pergaulan bisnis dapat meliputi beberapa hal, antara lain
a.Hubungan antara bisnis dengan konsumen
b. Hubungan dengan karyawan
c. Hubungan antar bisnis
d. Hubungan dengan investor
e. Hubungan dengan lembaga keuangan
FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG TIMBULNYA MASALAH ETIKA BISNIS
Post, dkk menguraikan empat faktor yang pada umumnya menjadi penyebab timbulnya masalah etika bisnis di perusahaan.
1.Mengejar keuntungan dan kepentingan pribadi
2. Tekanan persaingan terhadap laba perusahaan
3.  Pertentangan antara nilai-nilai perusahaan dengan perorangan
4. Pertentangan etika lintas budaya
TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN
Menurut Stephen R. Covey; kata  responsibility ( tanggung jawab ) terdiri dari dua kata yaitu Reponse ( tanggapan ) dan ability ( kemampuan )  jadi pada dasarmya tanggung jawab menunjukan kemampuan yang harus dimiliki seseorang atau sebuah organisasi perusahaan untuk memberikan tanggapan terhadap berbagai hal yang dimintakan tanggapannya kepada orang atau perusahaan tersebut oleh pihak lain.
JENIS-JENIS TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN
Menurut Post, dkk, dalam konteks aktivitas perusahaan, saat ini perusahaan dihadapkan pada tiga jenis tanggung jawab
1.Economic responsibility
2. Legal responsibility
3. Sosial responsibility

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s