TULISAN INDIVIDU SOFTSKILL – PENTINGNYA MEMPELAJARI BAHASA INDONESIA

Nama : Ira nirmala

Npm : 28212064

Kelas : 3eb22 , Gunadarma

Pentingnya Mempelajari Bahasa Indonesia

Paragraf Deduktif

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Negara Republik Indonesia yangdigunakan oleh bangsa Indonesia. Sebagai bangsa Indonesia yang baik tentunya kita harus memahami dan menguasai bahasa kita sendiri. Karena di negara kita memiliki beragam bahasa mungkin kita sulit untuk mempelajari semuanya, sehingga ditetapkanlah bahasa pokok yang kita gunakan di negara kita yaitu Bahasa Indonesia. Keragaman bahasa tersebut disebabkan oleh asal daerah, sarana, serta konteks pemakaiannya. Mulai dari murid TK, SD, SMP, SMA, Mahasiswa dan orang tua sekalipun diajarkan cara berbicara dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik.

Paragraf Induktif

Baik Pulau Jawa, Pulau Sumatra, dan Pulau Kalimantan, bahasa yang digunakan pada umumnya adalah Bahasa Indonesia. Walaupun mereka mempunyai bahasa khasnya masing-masing, tetapi Bahasa Indonesia pun tetap digunakan untuk berbicara dengan masyarakat yang berbeda pulau. Tidak mungkin kita berbicara dengan masyarakat yang berbeda Pulau menggunakan bahasa khasnya, tentu mereka tidak akan saling mengerti bahasa yang disampaikannya. Tidak hanya dengan ekspresi dan gerakan tubuh saja, kita pun bisa menyampaikan sesuatu dengan bahasa. Sehingga alat komunikasi yang digunakan oleh mereka yaitu Bahasa Indonesia agar kita bisa lebih mudah berkomunikasi.

Paragraf Analogi

Setiap murid di Indonesia harus mempelajari Bahasa Indonesia. Kita harus mencintai bahasa tanah air kita. Seperti pribahasa tak kenal maka tak sayang. Jika kita tidak bisa memahami Bahasa Indonesia maka tidak cinta terhadap bahasa sendiri. Setiap negara tentunya memiliki bahasanya masing masing, begitu pula Bahasa Indonesia sebagai ciri khas bahasa yang digunakan di Negara Indonesia.

Paragraf Deskripsi

            Belajar bahasa Indonesia sangatlah penting. Belajar Bahasa Indonesia pun dapat menambah wawasan dan pola pikir manusia. Untuk melatih berbicara, maka kita harus pahami dan pelajari Bahasa Indonesia. Dengan belajar Bahasa Indonesia kita dapat mengetahui cara berbicara yang sopan kepada orang yang lebih tua dari kita atau yang lebih muda dari kita sekalipun. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia kita dapat mengekspresikan sikap dan perasaan kita. Dengan belajar Bahasa Indonesia, kita dapat menyatakan kegembiraan, kesedihan, harapan dan juga perasaan yang lainnya yang kita rasakan.

Paragraf Campuran

            Bahasa merupakan alat untuk berpikir dan belajar. Dengan adanya bahasa kita dapat berpikir secara abstrak. Mahasiswa umumnya, membuat skripsi menggunakan bahasa Indonesia. Sehingga dalam perkuliahan pun terdapat mata kuliah Bahasa Indonesia. Mahasiswa diajarkan cara penulisan skripsi sesuai dengan EYD, dan diajarkan pula cara penyampaian dengan menggunakan tutur kata yang baik. Skripsi pun ditulis dengan bahasa yang baku. Dengan ini, belajar Bahasa Indonesia menjadi sangat penting untuk dipelajari.

SUMBER : http://pentingnyabelajarbahasaindonesia.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s