PERUSAHAAN MULTINASIONAL

nama : ira nirmala

kelas : 4eb22

npm : 28212064

SEJARAH PERUSAHAAN

Hyundai Motor Company merupakan divisi dari Hyundai Kia Automotive Group sebagai produsen mobil terbesar di Korea Selatan. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1967 oleh Chung Ju-yung ini sanggup menembus pasar international yang biasanya selalu dirajai oleh pabrikan otomotif Jepang. Hyundai bersama Kia, saat ini adalah produsen mobil terbesar keempat di dunia berdasarkan penjualan tahun 2010. Pada tahun 2008, Hyundai (tanpa Kia) menempati posisi ke delapan di dunia. Tahun 2010, Hyundai berhasil menjual 3,6 juta unit kendaraan di seluruh dunia.

Dalam sejarahnya, Hyundai Motor Company telah meluncurkan kendaraan-kendaraan  dengan bahan bakar seperti listrik (1991). Hyundai telah mampu mengembangkan mesin bensinnya sendiri (4 silinder Alpha) dan transmisinya sehingga mereka tidak tergantung pada perusahaan lain. Kemudian hyundai juga mampu membuat kendaraan berbahan bakar energi matahari dan sel hidrogen (1994) yang terus diperbaharui hingga saat ini.

Pada tahun 1999, Chung Ju-Yung menyerahkan kepemimpinan Hyundai pada anaknya Chung Mong-Koo. Perusahaan induk Hyundai Motor Group menginvestasi besar-besaran kualitas, desain, produksi, dan riset jangka panjang terhadap kendaraannya. Dulunya perusahaan ini memberikan garansi 10 tahun atau 100.000 mil ke mobil-mobil yang mereka jual di Amerika Serikat sehingga pada tahun 2004, Hyundai berada pada posisi kedua sebagai mobil dengan kualitas terbaik. Hyundai menjadi satu dari 100 merek paling bernilai di dunia.

Namun, pada tahun 2006 Chung ditangkap dan dikenakan tuduhan penggelapan uang sebesar 100 miliar won Korea Selatan sehingga Kim Dong-Jin menggantikan posisinya sebagai kepala perusahaan.

Dengan slogannya “New Thinking, New Possibilities”, Hyundai memproduksi berbagai variasi kendaraan, dari sedan mewah hingga truk, bus dan mobil sport. Perusahaan yang memiliki management filosofi untuk merealisasikan mimpi mereka melalui cara berpikir terampil ini berkomitmen untuk menjadi partner seumur hidup untuk customer mereka dengan membawa perspektif baru dan solusi serta inovasi terbaru untuk mobil yang mengedepankan kemanusiaan, teknologi ramah lingkungan dan pelayanan.

 

INDUK PERUSAHAAN

Perusahaan induk Hyundai Motor terletak di Negara korea selatan.

 

 

CABANG PERUSAHAAN

·         Hyundai di India

·         Hyundai di Eropa

·         Hyundai di Turki

·         Hyundai di Mesir

·         Hyundai di Rusia

·         Hyundai di Cina

·         Beijing Hyundai

·         Kerjasama Hawtai

·         Hyundai di Jepang

·         Hyundai di Filipina

·         Hyundai di Selandia Baru

·         Hyundai di Indonesia

 

LABA PERUSAHAAN

Pada tahun 1998, setelah terjadi guncangan pada industri otomotif Korea yang disebabkan karena overambisius dan krisis finansial Asia, Hyundai mengakuisisi Kia Motors. Tahun 2000, mereka juga membentuk aliansi strategis dengan DaimlerChrysler dan memisahkan diri dari Grup Hyundai. Tahun 2001, Daimler-Hyundai Truck Corporationterbentuk. Tapi, pada tahun 2004, DaimlerChrysler mendivestasikan 10,5% sahamnya di perusahaan tersebut dengan nilai 900 juta dolar AS.

Hyundai telah menginvestasikan diri untuk membangun pabrik di Amerika Utara, India, Republik Ceko, Pakistan, China, dan Turki, beserta fasilitas penelitian dan pengembangan di Eropa, Asia, Amerika Utara, dan Pasifik. Tahun 2004, Hyundai Motor Company berhasil membukukan penjualan dengan nilai 57,2 miliar dolar AS di Korea Selatan dan menjadikannya sebagai perusahaan kedua terbesar di negara tersebut. Penjualan Hyundai tahun 2005 mencapai 2.533.695 unit di seluruh dunia, naik 11% dari tahun sebelumnya. Hyundai menargetkan pada tahun 2006 mereka dapat menjual 2,7 juta unit kendaraan. Pada tahun 2007, penjualan mereka telah mencapai 3.961.629 unit di seluruh dunia dan berhasil melewati FiatChrysler, PSA/PeugeotNissan, dan Honda.

Kendaraan Hyundai dijual di 193 negara di dunia dengan jaringan sebesar 5.000 dealer dan ruang pamer. Setelah tahun 2009, Hyundai merupakan perusahaan otomotif terbesar keempat di dunia.[14]

Merek Hyundai sendiri nilainya terus naik dan berada pada posisi ke-65 pada tahun 2007 sebagai “Best Global Brands” oleh survei yang dilakukan Interbrand and BusinessWeek. Nilainya sekitar 5 miliar dolar AS. Persepsi publik tentang Hyundai telah berubah seiring dengan peningkatan kualitas pada produk-produk Hyundai. Pada tahun 2011, merek ini mencatatkan pertumbuhan penjualan tertinggi di dunia untuk 2 tahun berturut-turut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s